Tips Merawat dan Menjaga Keawetan Kerajinan Tembaga

Home/Blog/Tips Merawat dan Menjaga Keawetan Kerajinan Tembaga

Tips Merawat dan Menjaga Keawetan Kerajinan Tembaga

BathtubGudang Art Design – Tips merawat dan menjaga keawetan kerajinan tembaga merupakan ilmu wajib bagi anda yang hobi mengkoleksi berbagai macam benda berbahan baku logam tembaga atau yang banyak menggunakannya untuk menghias tempat usaha agar lebih indah dan menarik. Konsistensi selera masyarakat akan keindahan dan keunikan hiasan rumah menjadikan pusat kerajinan tembaga mudah ditemukan di Jogjakarta, Boyolali dan daerah-daerah tempat usaha berkembang. Tempat-tempat yang membutuhkan unsur keindahan dan keunikan seperti pada bisnis hotel dan restaurant, maupun bandara dan perkantoran banyak membutuhkan perabot ataupun dekorasi yang tidak hanya dibutuhkan melalui fungsi fisiknya tetapi keindahannya. Memenuhi fungsi fisik yang awet dan kuat, perabot yang terbuat dari logam tembaga mampu memenuhi fungsinya yang lain untuk menambahkan nilai estetika suatu benda atau suatu tempat. Meski banyak yang mengatakan logam tembaga unggul dalam beberapa aspek, apakah sebenarnya keunggulan logam tembaga dibandingkan logam lainnya?

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu logam tertua, tembaga disebut-sebut sebagai bahan campuran bahan baku logam lainnya agar lebih kuat. Memiliki kualitas yang tetap sama baiknya, tembaga dapat didaur ulang sehingga beberapa ahli menyatakan bahwa hasil tambang terdahulu masih banyak digunakan hingga kini. Warnanya yang jingga kemerahan dan identik dengan masa-masa yang lalu mampu menambah nilai seni. Tidak hanya klasik, dengan padu padan yang baik pula logam tembaga dapat menjadikan suatu benda terlihat modern.

kerajinan relief tembaga kuningan2Tips merawat dan menjaga keawetan kerajinan tembaga sangat perlu untuk diperhatikan mengingat logam ini berada di kisaran harga yang tidak murah. Melalui perawatan yang berkala dan kehati-hatian dalam membersihkan perabot serta kelebihannya untuk dapat didaur ulang dan banyak digunakan sebagai campuran, tembaga memiliki nilai plus yang mungkin tidak dimiliki bahan logam lainnya. Tidak hanya memberikan nilai ekonomis tetapi bisa juga memberikan sentuhan berkelas pada suatu benda. Oleh karena itu, baik sektor rumah tangga maupun sektor bisnis komersil menjadikan logam tembaga sebagai salah satu andalan mereka. Disamping membantu menekan budget, logam tembaga menjadi primadona yang dapat dimanfaatkan untuk menambahkan unsur kemewahan bagi bermacam-macam penggunaan perabot atau dekorasi bangunan.

Tips merawat dan menjaga keawetan kerajinan tembaga menjadi hal utama mengingat banyaknya penggunaan logam tembaga di sektor-sektor tersebut. Setelah memilih produk kerajinan yang terbuat dari tembaga, penting bagi kita untuk mempertahankan keindahannya agar investasi kita pada produk-produk berbahan tembaga sesuai dengan dana yang dikeluarkan.

Apakah langkah awal yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap barang yang terbuat dari logam? Pertama-tama, anda harus mengetahui apakah benda tersebut dibuat dengan teknik clear coating finishing atau tidak. Bagi produk yang sudah menggunakan teknik tersebut, produsen sudah memberikan jaminan bahwa tidak diperlukan perawatan yang intensif karena penggunaan teknik ini membuat warna tidak berubah. Namun apabila produk atau perabot anda tidak menggunakan teknik coating, salah satu tips merawat dan menjaga keawetan kerajinan tembaga yang murah adalah melakukan pembersihan dengan lansol atau braso. Lansol dan braso dapat dibeli di toko bangunan dengan harga yang terbilang sangat murah mengingat manfaatnya yang dapat mempertahankan keindahan produk logam tembaga anda. Namun apabila anda juga sering menggunakan forum jual beli, anda dapat membeli lansol dan braso secara daring atau online. Tips merawat dan menjaga keawetan kerajinan tembaga utama lainnya adalah dengan menghindari terkenanya produk atau barang dari cairan yang mengandung garam dan zat asam. Meskipun barang anda sudah menggunakan teknik clear coating, bersinggungan atau terpaparnya secara langsung dan terus-menerus dengan cairan garam atau yang mengandung zat asam juga akan merubah warna barang yang terbuat dari logam tembaga.

kerajinan wastafel tembaga kuningan4

Keuntungan utama perabot yang terbuat dari bahan tembaga adalah penggunaannya yang sangat fleksibel, baik indoor maupun outdoor. Untuk penggunaan indoor atau di dalam ruangan, terpaparnya perabot dari cuaca ekstrim atau matahari sangat kecil sehingga yang harus anda lakukan untuk membersihkannya cukup dengan kain kering untuk menghilangkan debu yang menempel dan hindarkan dari tempat yang lembab.

Tips merawat dan menjaga keawetan kerajinan tembaga yang terakhir adalah menghindari bahan-bahan kimia pembersih. Jika penggunaan lap kering tidak cukup memuaskan anda, anda dapat menggunakan air dan sikat gigi, dan segera keringkan. Berbeda dengan perabot yang terbuat dari kayu atau keramik, bahan logam tembaga lebih mudah dibersihkan dan noda-noda biasanya tidak mudah menempel. Oleh karena itu, barang-barang yang dibuat menggunakan logam tembaga juga digunakan untuk bathtub atau wastafel. Perabot atau barang yang memang mampu menampung air biasanya sudah dibuat lebih mudah beradaptasi dengan bahan kimia dari deterjen dan tidak perlu dilap jika terkena air. Selain barangnya yang awet, unik, dan indah, tips merawat dan menjaga keawetan kerajinan tembaga tidak rumit, mudah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

About the Author:

Gudang Art Design has 16 years in Constructions Industry, Decorative Glass, Metal Craft and Architecture. Our Client Happines is our GOALS. Have Questions? Our Staff experts are here to help! Mobile : +62 812 6632 1414