Decorative Glass

Decorative Glass

Gudang Art Design – Ragam kerajinan kaca tidak hanya dua macam yaitu kerajinan kaca patri dan kaca inlay tetapi ada juga kaca tiup dan beberapa lainnya. Meskipun begitu, kerajinan kaca di atas merupakan dua kerajinan yang sangat fleksibel penempatan dan penggunaannya, sehingga lebih sering ditemui diberbagai tempat. Tidak hanya rumah, tempat seperti restaurant, masjid, gerja, hotel dan restaurant menggunakan dua kerajinan di atas.

Merujuk pada jenis-jenis kaca yang ada sangat bermacam-macam seperti privacy glass, internal blinds, divided lites, impact rated glass. Privacy glass menggunakan jenis kaca yang bergelombang atau bergerigi sehingga tidak hanya bertekstur tetapi juga mengaburkan pandangan melalui kaca, internal blinds hampir seperti privacy glass namun tidak bertekstur, divided lites pada dasarnya bentuk paling sederhana kaca yang biasa digunakan untuk kerajinana kaca sedangkan impact rated glass merupakan jenis kaca yang digunakan untuk tetap membiarkan sinar masuk tetapi mengurangi panas yang disalurkan jika menggunakan kaca biasa. Banyaknya jenis kaca membuat kerajinan kaca terus berkembang. Berbeda dengan kerajinan kaca yang memang difungsikan hanya sebagai pajangan, harga yang ditawarkan para pengrajin atau produsen kaca patri dan inlay tergolong masih terjangkau dibandingkan jenis kerajinan kaca lainnya.

Kaca Inlay

Kaca Inlay

Bagaimana bisa kerajinan kaca patri dan kaca inlay tergolong murah? Jawabannya terletak pada kuantitas material yang digunakan serta luas bidang pengaplikasian kerajinan tersebut. Ragam kerajinan kaca patri dan kaca inlay memang sedikit berbeda dengan kerajinan kaca lainnya. Seperti pada kerajinan kaca tiup yang sering digunakan sebagai hiasan meja di ruang tamu atau ruang makan, tentunya jenis kerajinan seperti itu tidak akan dibuat terlalu besar karena dapat menggangu keseimbangan fungsinya sebagai dekorasi. Meskipun harga yang ditawarkan untuk satu benda kaca tiup bisa lebih murah dari kerajinan kaca patri dan kaca inlay, dengan ukuran kerajinan kaca tiup yang cenderung lebih kecil justru sebenarnya menunjukkan tingkat harga yang lebih tinggi. Merujuk pada ragam kerajinan kaca patri dan kaca inlay, anda dapat menentukan jenis kaca yang dipilih, banyaknya paduan warna, pola atau merujuk pada desain-desain yang sudah ada anda dapat memperkirakan besarnya dana yang akan dikeluarkan dengan lebih tepat.

Kaca Patri Harley Davidson

Kaca Patri Harley Davidson

Untuk penggunaan kaca patri dan kaca inlay sebagai jendela bisa dibuat berbagai macam bentuk dan kegunaan. Selain digunakan sebagai kaca jendela yang dipasang pada dinding atau dipasang sebagai jendela pada daun pintu ruang tamu dan tempat lain seperti ruang keluarga dan kamar mandi. Menggantikan kayu atau kaca polos pada daun pintu, penggunaan kaca patri atau kaca inlay dapat menambah kecantikan rumah anda. Tidak hanya indah dan elegan, rumah pun akan nampak mewah. Ragam kerajinan kaca patri dan kaca inlay juga tidak terhenti pada pengaplikasiannya pada pintu dan jendela saja tetapi dapat dikombinasikan dengan lemari-lemari dan pemisah ruangan.

Bagi beberapa orang kreatif, alih-alih membuatnya sebagai jendela, terkadang dengan pola, desain, bentuk tertentu, atau teknik pemasangan tertentu, kerajinan kaca seperti patri dan kaca inlay dapat menggantikan fungsi pajangan dinding. Disamping mempergunakannya untuk membiarkan cahaya masuk ke ruangan, ruangan pun akan nampak indah. Meskipun pada malam hari, kerajinan kaca tetap memiliki tampilan yang menarik.

Dari segi kekuatan material dan teknik pembuatannya, orang-orang mungkin akan lebih memilih kaca inlay karena kaca patri hanya dibuat dengan jenis kaca yang biasa namun memiliki kombinasi warna yang membentuk pola tertentu. Lebih lanjutnya, ragam kerajinan kaca patri dan kaca inlay mampu membuat anda tidak kehabisan ide. Tidak hanya memiliki satu warna seperti bahan dasar pada kerajinan lain yaitu tanah liat dan logam, kerajinan kaca lebih mudah untuk dikombinasikan dengan warna ruangan, daun pintu, bingkai jendela maupun furniture apapun. Dari jaman dulu hingga jaman yang lebih modern seperti sekarang, kaca patri telah sering digunakan dibandingkan kaca inlay. Pada bangunan gereja diluar negeri, kaca patri merupakan salah satu dekorasi paling khas. Dengan keindahan warna serta gabungan beberapa warna indah, kaca patri mampu membentuk karakter-karakter atau desain tertentu yang dapat disesuaikan dengan kepentingan pelanggan.

Ragam kerajinan kaca patri dan kaca inlay, sebenarnya memiliki sedikit kekurangan dibandingkan dengan kerajinan kaca lainnya atau beberapa kerajinan lain yang terbuat dari logam, tanah liat dan porcelain. Dengan beberapa warna serta tampilan yang terlihat elegan dan informal, penggunaannya di tempat-tempat formal seperti perkantoran tidak memberikan kontribusi yang cukup baik. Meski penggunaannya di gedung perkantoran tidak mengurangi esensi keindahan dan fungsinya, nilai seni, keindahan, dan karakteritik elegannya, kerajinan kaca patri dan kaca inlay sebaiknya dipergunakan di tempat-tempat yang bersifat pribadi, untuk menarik perhatian, dan memiliki atmosfir yang lebih santai. Oleh karena itu, penting bagi kita menyimak ragam kerajinan kaca patri dan kaca inlay agar mampu menempatkannya dengan maksimal.

Contoh Design Kerajinan Kaca Inlay & Kaca Patri