Keindahan Kerajinan Kubah Masjid Indonesia

Home/Blog/Keindahan Kerajinan Kubah Masjid Indonesia

Keindahan Kerajinan Kubah Masjid Indonesia

kerajinan kubah masjid27

Keindahan Kerajinan Kubah Masjid Indonesia – Berbicara mengenai kubah masjid maka kita perlu mengetahui histori mengenai islam. Meskipun demikian, seiring perkembangan jaman, nilai-nilai yang direfleksikan terus berkembang.

Pengrajin seperti Gudang Art yang memproduksi kubah masjid mencoba untuk membantu apapun hal positif yang ingin coba direfleksikan kembali melalui hasil kerajinan mereka. Melalui sejarah islam sendiri, banyak spekulasi yang membicarakan tentang asal muasal kubah masjid, fungsinya, dan pro kontra yang ada. Berbeda dengan negara-negara lain di mana kaum muslim merupakan kaum minoritas. Pembangunan masjid acap kali dilakukan pada bangunan permanen yang sudah tidak digunakan atau membangun masjid dengan keterbatasan untuk memperlihatkan ciri khas masjid seperti di Indonesia.

Berbeda dengan Indonesia yang memiliki jumlah besar pemeluk agama Islam, pembuatan tempat ibadah tentunya merupakan hal yang penting. Pertimbangan banyak didiskusikan demi mendapatkan masjid yang diinginkan. Menyebutkan contoh pertimbangan itu bisa pembangunan pada pusat kegiatan warga mayoritas Islam, kelapangan tanah pembangunan, dan serta pembangunan masjid itu sendiri. Secara fisik, masjid umumnya dibuat lapang, nyaman pada cuaca Indonesia yang panas, dan mampu menampung kapasitas tertentu yang diinginkan. Kubah masjid membuat bangunan masjid lebih sejuk karena semakin tinggi bangunan, maka ruangan bangunan yang ada didalamnya memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Untuk mengantisipasi beberapa hal di atas, pembuatan masjid dengan kubah merupakan jawabannya.

Kubah Masjid Tembaga

Kerangka Kubah Masjid Tembaga

Berbicara tentang kubah itu sendiri, melihat dari bentuknya, ada kubah yang berbentuk kerucut maupun ada kubah yang berbentuk setengah lingkaran. Bagi bangunan di Indonesia, masjid lebih banyak menggunakan kubah yang berbentuk setengah lingkaran. Terlepas dengan fungsi dan bangunan apa yang lebih mempergunakan kubah kerucut tetapi kubah kerucut lebih dekat dengan kesan modern, megah, dan mewah.

Kubah dipastikan dibuat dengan bahan yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Hal ini menjadi faktor yang sangat penting untuk terus dimonitor oleh para pengrajin kubah masjid seperti Gudang Art yang sudah akrab dengan pembuatan kubah. Mereka mengetahui dengan jelas bahwa penempatan kubah yang besar dan berada di puncak bangunan merupakan tantangan tersendiri yang perlu ditaklukan. Oleh karena itu, penempatan dan pembuatan kubah sendiri dilakukan dengan sangat hati-hati. Kerajinan kubah masjid sangat memperhatikan keamanan kubah masjid untuk jangka panjang. Kubah yang dibuat memiliki penyangga yang dipasang dengan baik sehingga aman dipasang sebagai pengganti atap bangunan.

Berada di puncak bangunan, bahan yang digunakan harus bisa menahan cuaca ekstrim terlebih cuaca seperti di Indonesia dengan suhu tinggi serta curah hujan tinggi. Mempertimbangkan letaknya di puncak bangunan tinggi seperti masjid, pengecekan keawetan kubah tidak mungkin dilakukan secara rutin. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah melakukan pemilihan cermat terhadap bahan yang akan digunakan untuk dijadikan kubah. Bahan-bahan yang baik digunakan seperti tembaga dan kuningan yang dipergunakan oleh Gudang Art, tidak akan membuatnya mudah rusak meski terpapar oleh cuaca seperti itu. Dengan bentuk dan luas kubah yang dibuat hampir selebar bangunan dibawahnya, sangat tidak memungkinkan pembersihan dilakukan secara rutin atau bahkan hanya dilakukan beberapa bulan sekali. Pemilihan bahan material kubah yang mudah dibersihkan tentunya juga akan membantu proses pembersihan yang panjang.

Di Indonesia, kubah yang dibuat sangat berbeda contohnya adalah kubah emas yang ada pada masjid di Depok. Sebagai salah satu kubah yang unik dan indah, kubah yang terbuat dari emaspun dapat memenuhi beberapa kriteria kubah masjid yang baik. Dari sisi warna, tentu warna-warna emas membuat orang berdecak kagum. Tidak hanya itu, pemilihan tembaga dan kuningan juga dapat menggantikan keindahan emas jika memang pendanaan tidak besar.

Sebagai salah satu pengrajin kubah masjid di Indonesia, Gudang Art sering menggunakan tembaga dan kuningan untuk menciptakan keindahan tersendiri bagi kubah masjid. Keindahan kubah tetap bisa terlihat dengan menggunakan bahan logam ini karena warnanya yang elegan, klasik, namun tetap dapat menarik perhatian orang.

Berbicara tentang kubah masjid, tidak lazim rasanya jika kita tidak membicarakan kubah masjid dilihat dari dalam bangunan masjid itu sendiri. Kubah dapat dimanfaatkan sebagai hiasan dan penambah dekorasi yang memiliki karakter tertentu misalnya religius. Beberapa orang menganggap ada unsur mistis yang dihasilkan dengan penggunaan kubah masjid karena suara yang dihasilkan menggema sehingga membuat orang merasakan atmosfer yang berbeda jika berada di dalam masjid. Terlepas dari pendapat beberapa orang tersebut, kubah masjid dimanfaatkan untuk menambah keindahan masjid.  Berbagai kerajinan kubah masjid yang mampu diproduksi oleh Gudang Art seperti kaligrafi dari kuningan biasanya dipasang pada interior kubah masjid. Peletakkan kaligrafi dapat menambah keindahan dan segi religiusitas bangunan masjid itu sendiri. Penggunaan kaca patri pun acap kali disematkan pada kubah masjid agar ruangan didalamnya mendapatkan pencahayaan yang baik pada siang hari. Selain menambah keindahan masjid, ini adalah startegi cerdas untuk menghemat penggunaan listrik. Keindahan kubah masjid Indonesia ternyata lebih dari sekedar bagaimana mempertahankan sisi menarik bahan kubah masjid yang digunakan tetapai berkembang baik menopang aspek –aspek lain yang mampu dimaksimalkan dengan adanya penggunaan kubah masjid.

Gallery Contoh Kerajinan Kubah yang dibuat Gudang Art Design

About the Author:

Gudang Art Design has 16 years in Constructions Industry, Decorative Glass, Metal Craft and Architecture. Our Client Happines is our GOALS. Have Questions? Our Staff experts are here to help! Mobile : +62 812 6632 1414

Leave a Reply

%d bloggers like this: